Tips Terhindar dari Malas Belajar

Apa arti Belajar?

Belajar adalah perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Seseorang dianggap telah belajar sesuatu jika dia dapat menunjukkan perubahan perilakunya. Dengan belajar kita juga dapat mencapai kelulusan untuk ke jenjang yang lebih tinggi dan meraih cita-cita.




Berikut adalah tips terhindar dari malas belajar:

1. Waktu yang Tepat

Kita sebagai pelajar harus pandai mengatur waktu dengan baik jangan sampai waktu digunakan hanya untuk berkumpul (nongkrong) yang tidak jelas, boleh main tapi harus ingat waktu. Sebagai pelajar kita harus tau waktu pukul berapakah otak kita bisa menerima banyak ilmu, misal belajar setelah waktu  maghrib pukul 18.30 - 19.30 tidak perlu lama-lama cukup 15 - 60 menit saja. Walaupun hanya sebentar jika otak kita berkonsentrasi penuh dalam waktu yang singkat itu cukup untuk menerima banyak ilmu.

2. Jaga Mood

Perlu kalian ketahui mood mungkin adalah hal yang sepele, namun jika kita abaikan bisa menganggu aktivitas kita. Misal, kita lagi belajar tetapi mood kita sedang berantakan lebih baik untuk keluar rumah seperti jalan-jalan sebentar cari angin untuk merefresh otak kita. Tidak perlu lama-lama cukup 10 -15 menit dan kembali ke rumah lagi untuk belajar.

3. Perut Terisi

Perut kenyang adalah hal yang sangat penting untuk terhindar dari malas belajar. Coba saja jika perut kita sedang lapar pasti tidak akan dapat berkonsentrasi belajar karena perut yang keroncongan. Saya sarankan sebelum belajar kalian makan atau sekedar minum susu untuk mengisi perut, atau sedia camilan sebelum belajar juga di perbolehkan . Tetapi jangan terlalu kenyang, karena dapat menyebabkan rasa kantuk sehingga tidak dapat melanjutkan belajar dengan kondusif.

4. Motivator

Apakah kalian tau perbedaan antara motivasi dengan motivator? A. Anwar Prabu Mangkunegara mengatakan pengertian motivasi adalah suatu kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan serta memelihara perilaku yang berhubungan dengan lingkungan kerja. Sedangkan motivator adalah orang yang berprofesi sebagai pembicara yang memotivasi orang banyak dengan ilmunya, misalnya Meer Riana, Ippho Santosa, Ary Ginanjar Agustian, Andrie Wongso dll. Kalian bisa belajar dan meniru jejak karir mereka.

5. Penyemangat

Penyemangat adalah seseorang yang selalu support kita dalam keadaan apapun. Orang tua adalah jawaban yang tepat, mereka selalu ada disaat kita senang maupun sedih. Tanpa kita ketahui orang tua berharap kita sukses sejak muda mungkin karena umur orang tua tidak lagi muda. Apalagi anak tunggal, pasti dia adalah salah satu kebanggaan dan kesuksesan yang paling ditunggu.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - macam tembang macapat materi kelas 6 SD

Tips & Trik menjadi Juara Kelas

Pentingnya Kedisiplinan Anak SD