Seberapa Pentingkah Dream List Pendidikan?




Masa sekolah adalah masa yang paling berkesan didalam hidup, dimana kita dapat belajar bermain bersama teman. Menurut Wong (2009), usia sekolah adalah anak pada usia 6-12 tahun, yang artinya sekolah menjadi pengalaman inti anak. Usia sekolah merupakan masa anak memperoleh dasar-dasar pengetahuan untuk keberhasilan penyesuaian diri pada kehidupan dewasa dam memperoleh ketrampilan tertentu. Sekolah lanjutan dijadikan sebagai sarana untuk mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas serta cerdas.


Namun, tidak sedikit calon lulusan SD, SMP, dan SMA yang masih belum bisa menentukan dimana kelanjutan sekolah mereka. Minimnya inrformasi yang didapatkan membuat mereka hanya memilih sekolah yang seadanya atau bahkan menuruti keinginan orang tua mereka yang belum tentu sesuai dengan minat anak.


Hal tersebut dapat dihindari jika dari jauh-jauh hari, siswa/siswi sudah mulai menentukan sekolah lanjutan yang tentunya tidak hanya sesuai dengan minat namun sesuai dengan kemauan diri sendiri. Dan salah satu jawabannya adalah membangun Dream List Pendidikan dijauh waktu agar kita tidak asal-asalan memilih bangku sekolah yang akan kita duduki nantinya dan dapat dipertimbangkan secara matang terlebih dahulu apakah sekolah tersebut cocok untuk diri kita atau bahkan sebaliknya.


Membahas tentang Dream List Pendidikan, apa maksudnya? Jangan sampai kalian yang mau lulus SD, SMP, dan SMA bingung akan melanjutkan sekolah dimana dan jangan sampai kalian milih sekolah dengan embel-embel "Ngikut Teman". Yok berlatih teguh pada pendirian, karena kesuksesan bergantung pada diri sendiri bukan orang lain. Carilah informasi dan wawasan sebanyak mungkin jangan stuck ke satu sekolahan biaya, transpotasi, dan keunggulan sekolah jugs perlu diperhatikan dan dipertimbangkan jangan sampai salah memilih sekolah dan akhirnya putus ditengah jalan.


Berikut adalah 5 tips memilih sekolah yang tepat menurut Kemendikbud :

1. Jarak sekolah yang tidak terlalu jauh

2. Pembelajaran yang menyenangkan

3. Pilih sekolah yang berpihak pads perkembangan anak

4. Penataan kelas atau lingkungan sekolah

5. Program kerja sekolah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Macam - macam tembang macapat materi kelas 6 SD

Tips & Trik menjadi Juara Kelas

Pentingnya Kedisiplinan Anak SD